-->

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

universitas-tujuh-belas-agustus-1945-untag-surabaya
Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, merupakan
Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di Jawa Timur, didirikan pada 17 Agustus 1958. Untag surabaya beralamat di jl. Semolowaru 45 Surabaya 60118.
Untag Surabaya memiliki 16 prodi Program Sarjana, 6 prodi Program Magister, dan 3 prodi Program Doktor, dan telah terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT). dari 24 program studi 17 terakreditasi "B" dan 7 prodi terakreditasi "C" dan telah dilakukan pengajuan re-akreditasi.
Untag Surabaya memiliki 6 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), 14 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan 36 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
Dari 56 orkem, 39 berstatus aktif, dan 17 tidak aktif. Sampai dengan wisuda 14 September 2013, Alumni Untag Surabaya sebanyak 51.822 yang telah tersebar di seluruh nusantara bahkan sampai ke mancanegara.
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya akan senantiasa mengembangkan diri, agar dapat tetap eksis sesuai dengan tuntutan zaman.
Mulai tahun akademik 2013/2017 Untag Surabaya telah merencanakan dan mengupayakan menjadi sebuah Universitas Unggul berbasis nilai dan karakter bangsa (Empowering and Networking toward Quality), mencakup pengembangan sumber daya manusia, pengembangan kelembagaan, pengembangan sistem layanan dan manajemen akademik serta pengembangan infra struktur. Pengembangan ini dilakukan secara komperehensif dan simultan dalam layanan tuntas dan capaian produk pendidikan yang memiliki unggulan komparatif dan unggulan kompetitif.
Promosi untuk menjaring mahasiswa baru rutin dilakukan pada bulan Oktober hingga Maret
(menjelang ujian nasional) di kab/kota se-jawa timur, dikemas dalam bentuk pameran dan presentasi kelas, dan bekerjasama dengan para guru BK, serta aktif mengikuti Jawa Pos Campus Expo (JPCE) setiap bulan Mei dengan melibatkan semua fakultas.
Sedangkan promosi tidak langsung dikemas dalam berbagai macam kegiatan, baik akademik maupun non-akademik. Seperti seminar, workshop, menjalin kerjasama dengan lembaga luar negeri, pertukaran budaya dengan mahasiswa asing, publikasi di mass media, website, social media, wayangan, pengajian umum, kegiatan-kegiatan orkem, tempat tes SNMPTN, penyewaan ruang, dan mengikuti event-event yang diadakan diluar kampus, seperti mengikuti kompetisi, parade juang, pawai bunga, indonesia channel, dll. Dengan dilaksanakannya darma pengabdian kepada masyarakat, diharapkan selalu ada kebersamaan antara perguruan tinggi dengan masyarakat, serta sebagai upaya untuk mencegah terjadinya isolasi perguruan tinggi dari masyarakat lingkungannya.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dibawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) melalui program Kuliah Kerja Nyata, pemberdayaan masyarakat, pelatihan, penyuluhan, IPTEK bagi Masyarakat, dan program yang dilaksanakan oleh rektorat, fakultas, dan organisasi kemahasiswaan, seperti program rutin (bulan ramadhan) berbagi kasih bersama anak yatim, bakti sosial, sumbangkan buku bekas pakai, donor darah, dll.
Bagi putera purnawirawan TNI/POLRI/Pensiunan PNS / PNS Golongan I / Keluarga YPTA / Saudara kandung mahasiswa aktif atau alumni, keluarga tidak mampu (surat keterangan Lurah setempat) memperoleh keringanan sumbangan masyarakat (uang gedung) sebesar 25% dari besarnya sumbangan masyarakat yang semestinya dibayarkan berdasarkan gelombang dan hasil peringkat tes masuk. Fasilitas fisik dan layanan lain yang tersedia antara lain: Poliklinik (Umum dan Gigi) yang melayani secara cuma-cuma kepada civitas akademika Untag Surabaya dengan menyediakan 4 dokter umum dan 4 dokter gigi serta beberapa tenaga para medis.
Koperasi Mahasiswa (Kopma) menyediakan alat-alat tulis, makanan/minuman ringan, fhotocopy dan simpan pinjam mahasiswa. Koperasi Karyawan (Kopkar) menyediakan aneka kebutuhan rumah tangga, fhotocopy dan simpan pinjam untuk karyawan/dosen. Kantor Pos dan Warung Telekomunikasi (Wartel) dengan 200 chanel telepon kampus dan telepon umum. Warung Internet (Warnet), ATM, Bank Kampus, 8 lokal kafetaria,
lahan parkir yang luas (cuma-cuma) , Masjid berlantai dua dengan kapasitas 1000 jamaah, generator listrik (genzet) yang menyala otomatis bila ada pemadaman listrik, lapangan tenes, lapangan basket, lapangan bola voli, climbing wall, studio band, perangkat gamelan/karawitan, student center, guest house untuk tamu, dosen-dosen luar kota, maupun dosen asing. Perumahan dosen/karyawan, ruang serba guna (Graha Widya menampung hingga 1.500 orang; lecture theater Graha Wiyata menampung 600 orang, selain ruangan berukuran sedang yang sering digunakan untuk seminar/diskusi/sarasehan baik oleh
mahasiswa/dosen maupun pihak masyarakat luar.

Title : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
URL : http://www.untag-sby.ac.id/
Author: humas untag
Kategori: Berita