-->

Google Authorship

Anda menerima email ini karena Anda telah menambahkan markup Google Kepengarangan ke laman Anda. Notifikasi ini hanya diberikan satu kali dan kami tidak akan menghubungi Anda lagi terkait masalah ini.

Notifikasi Google Authorship


Setelah sekian lama saya bergabung di Google+ dan mengaktifkan Google Authorship pada beberapa blog saya, akhirnya datang juga email notifikasi dari si embah Google yang berbunyi seperti ini:
"Anda menerima email ini karena Anda telah menambahkan markup Google Kepengarangan ke laman Anda. Notifikasi ini hanya diberikan satu kali dan kami tidak akan menghubungi Anda lagi terkait masalah ini.

Anda telah menetapkan Kepengarangan Anda, yang berarti foto dan tautan ke profil Anda sekarang dapat muncul di samping konten Anda di hasil penelusuran. Pelajari lebih lanjut" dan seterusnya...
Setelah saya baca email tersebut, sebuah pertanyaan terlintas di benak saya:"Apa sih manfaat Google Authorship?"

Manfaat Google Authorship

Seperti ribuan blogger lain dari seluruh penjuru dunia, saya menambahkan mark up Google Auhorship karena saya percaya kalau Google Authorship akan sangat bermanfaat bagi kita khususnya dalam optimasi blog dan melindungi konten blog dari tindakan plagiator alias tukang copas.
Dari beberapa artikel blog kaliber internasional yang pernah saya baca, rupanya Google sengaja meluncurkan Google+ untuk melibas para plagiator.
Alogaritma Google belakangan ini, seperti Google Penguin misalnya, cenderung menitik beratkan pada originalitas dan kwalitas konten ketimbang faktor backlink yang dulu merupakan element yang begitu dominan.
Sampai sejauh ini saya mulai merasakan manfaatnya seiring dengan semakin banyaknya follower Google+ dan orang yang berada di lingkaran saya.
Dengan berbagi link postingan baru melalui profil dan halaman Google+ postingan saya bisa terindex di halaman depan pada hasil pencarian Google, kadang hanya dalam hitungan detik.. 
Tapi di balik manfaat itu saya juga merasa kurang nyaman dengan adanya fitur instant search Google.
Masalahnya bukan apa-apa, terus terang saja saya tidak pernah menginginkan nama saya menjadi begitu populer di mesin pencari Google.
Tidak sama sekali, karena saya bukan selebritis.
Tapi apa yang terjadi sekarang? Tak bisa dihindari, nama saya rupanya sudah terlanjur mudah ditemukan di Google dengan kata kunci nama saya.

Apa pendapat anda tentang Google Authorship?