-->

Toko Online Yang Membuming

Toko Online, Jaman Sekarang apa saja di jual online, dari alat kosmetik wanita seperti ScrapbookIndonesia, peralatan dapur(rumah), Baju, Sepatu, buku, bahkan SPG pun di pasarkan secara online, ini bukan cerita bohong, saya sudah pernah melihat website yang memajang foto-foto calon SPG yang sedang mencari kerja, entahlah, apakah mereka benar-benar untuk SPG atau yang lain, saya kurang tahu pasti, rasa curiga sih pasti ada, bahkan agak berpikiran negatif (sedikit).

Maraknya toko online di Indonesia terutama di kota-kota besar seperti jamur tumbuh di musim hujan. Apakah hal ini sebuah kesalahan atau pebisnis atau warga Indonesia yang sudah sangat maju sehingga segala sesuatu di jual online. Hal ini dapat di perdebatkan.

Saya Pernah ngobrol-ngobrol dengan pemilik Toko Online, Toko online Jual alat-alat komestik atau perawatan tubuh wanita. Saya bertanya: Bagaimana cara anda sehingga omset anda bisa sebesar itu? (Sssstt, pemiliki toko online seorang cewe, umur 20 tahun dan setiap bulan rata-rata ke untungan 70-80 juta bersih, diluar gaji karyawan dan lain-lain, pokoknya bersih). Kemudian di jawab:" Wah, bang... jualan saya mah dari mulut ke mulut bukan dari web, web hanya membantu menampilkan list produk saja", Saya bertanya lagi : Lho, kok bisa? Di jawab lagi : "Iya, saya punya BB 7 buah, rata-rata setiap BB ada 2000an pin, itu saja yang saya kelola, setiap bulan ada yang nambah". Saya cukup terperangah dengan jawaban-jawaban pemilik toko online tersebut. (terutama karena penghasilannya, buat saya penghasilan segitu luar biasa besar).

Jadi, Prediksi saya ke depan hanya orang-orang yang bermodal besar yang mampu bertahan dalam dunia bisnis online karena:
  • Modal Cukup
  • Mampu menggaji Anak SEO (yang ahli dalam SEO)
  • Mampu menggaji tenaga content writer
  • Mampu Ber-iklan besar-besaran
  • Tidak tergantung pada hasil toko onlinenya
Bagaimana, melawan orang yang punya kemampuan seperti diatas?

Saya pikir, Sebagai orang yang berkecimpung di IT dan dunia Online, harus membuat suatu perkumpulan atau membangun suatu visi/misi (minimal 5 orang), bekerja sama, saling bertukar ide, saling perduli, sehingga apa yang dikerjakan dapat menghasilkan dalam waktu yang relatif singkat. Jadi jalan terbaik untuk para pemain bisnis online adalah bekerja sama.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
  • Membuat Toko Online
  • Menjual barang sendiri atau orang lain
  • Mengoptimasi (SEO dan Publikasi)
  • Mengajak orang-orang berjualan di toko online tersebut secara gratis (tanpa pungutan biaya)
Selanjutnya, setelah 3 tahun, Anda sudah pasti tahu hasilnya,  anda pemilik toko online yang mempunyai  komuinitas sendiri. Dan Duit mengalir kencang.